Jika
blog Anda sudah memiliki trafik yang cukup (misalnya 1000 pengunjung
unik sehari), Anda tentunya bisa menyediakan pemasangan iklan banner di
blog Anda. Pada kondisi ini Anda mungkin bertanya pada diri sendiri:
“Berapa biaya pemasangan iklan tersebut?” Jika Anda belum tahu, di bawah
ini adalah 2 cara yang biasa digunakan untuk menentukan biaya
pemasangan iklan.
Kedua cara itu adalah berbasis CPM dan harga tetap.
1. Berbasis CPM
CPM singkatan dari cost per mille, di mana pengiklan dikenai biaya per 1000 page view. Mille sendiri dalam bahasa Latin artinya seribu.
Sebagai contoh, Anda menetapkan $0,1 CPM
untuk sebuah iklan banner 125 x 125 di sidebar atas. Jika blog Anda
menghasilkan 200.000 page views sebulan, maka satu spot banner Anda itu
harganya sebesar $20 (200.000/1.000 x $0.1). Anda tinggal mengkonversi
jumlah ini dengan kurs yang berlaku jika Anda menggunakan mata uang
rupiah.
Bagaimana jika spot banner yang Anda tawarkan ukurannya lebih besar, misal 300 x 250?
Karena ukurannya 2 kali lebih besar
daripada spot 125 x 125, maka harganya pun dua kali lipatnya yaitu $40
sebulan. Begitu pula dengan ukuran yang lainnya, Anda tinggal mengalikan
besarnya ukuran banner dengan harga banner 125 x 125.
Harga berbasis CPM ini umumnya digunakan
oleh blog-blog luar negeri. Hal ini karena banyak pengiklan luar negeri
yang bersedia membayar mahal untuk mengiklankan produk atau jasanya di
blog yang trafiknya tinggi. Adapun blog-blog dalam negeri biasanya
menggunakan harga tetap.
2. Harga tetap
Biaya iklan sistem ini bersipat tetap,
tidak bergantung kepada jumlah page views per bulannya. Misalnya, $10
untuk spot banner 125 x 125 setiap bulannya walaupun page views blog
Anda naik atau turun tiap bulannya.
Dari mana muncul angka $10 itu? Semuanya
ditetapkan oleh masing-masing pemiliki blog. Dengan kata lain, sesuai
selera masing-masing.
Pengalaman Saya
Saya menggunakan sistem harga tetap untuk
pemasangan iklan banner di Blogotainmen (update: blog ini sudah saya
hapus). Dalam menentukan harganya, saya melihat harga pemasangan iklan
banner di blog-blog lain.
Jika blog-blog tersebut terkenal dan page
views per bulannya besar, maka saya menetapkan setengah dari harga iklan
mereka. Misalnya, harga iklan mereka adalah $10 untuk banner 125 x 125
di sidebar per bulannya, maka biaya sebuah spot banner yang sama di blog
saya seharga $5 per bulan.
Pada tahap ini, pertimbangan saya adalah
agar para pengiklan mau beriklan di Blogotainmen. Tahap selanjutnya,
mungkin saya akan menetapkan harga yang sama dengan harga mereka.
Ngomong-ngomong, bagi Anda yang sudah
memonetisasi blognya dengan iklan banner, bagaimana cara Anda menentukan
biaya iklan tersebut?
0 komentar:
Post a Comment